Berita

Prabowo Subianto Akan Hadiri Jambore Petani

Himpunan Kerukuran Tani Indonesia (HKTI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-2 di Pekanbaru, Riau, hari ini.

Rakernas itu merupakan bagian dari rangkaian HUT HKTI yang ke-40, yang akan dilaksanakan hingga 27 April mendatang, dengan acara puncak berupa Jambore Petani Nasional akan dihadiri Ketua Umum DPN HKTI Prabowo Subianto.

Menurut Sekjen DPN HKTI, Fadli Zon, rakernas HKTI kali ini memiliki agenda memfokuskan amanat hasil Munas di Bali, yakni konsolidasi, peningkatan kapasitas petani, dan advokasi kebijakan petani.

“Bagi HKTI, masalah-masalah pertanian adalah masalah klasik, itu-itu juga. Seperti masalah pupuk, benih, akses modal, irigasi, dan lahan. Namun ironisnya, masalah ini tak pernah selesai. Penambahan anggaran pertanian tak berbanding lurus dengan produksi. Kita makin tergantung pada impor,” jelas Fadli Zon dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (26/4).

Saat ini faktanya adalah petani Indonesia belum sejahtera dimana anggaran pertanian hanya di bawah 5 persen, dan ditambah Indonesia belum mempunyai Strategi Pangan Nasional.

“Situasi inilah yang semakin memperburuk kehidupan petani Indonesia,” imbuh Fadli.

Dalam waktu dekat, kata dia, HKTI fokus mengawal RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, khususnya menekankan pentingnya adanya Bank Pertanian, dan asuransi pertanian.

“Bagi HKTI, ini wujud keberpihakan nyata pemerintah terhadap petani,” tandas Fadli.